iPad generasi pertama (2010)

Berpaduansuara dengan iPad!

Saya mempertemukan musik dan teknologi di satu tempat ini. Saya sudah hampir lima tahun menjadi anggota paduan suara di salah satu sekolah menengah atas di Jakarta (saya masih menjadi anggota biarpun sudah lulus dari SMA tersebut). Di sisi lain, saya adalah konsumer teknologi dengan sejumlah gadget yang berguna buat kehidupan sehari-hari.

Ijinkan saya berbagi dengan anda. Saya menggunakan iPad saya sebagai alat yang berguna ketika berpaduansuara. Dengan layarnya yang besar dan terang (backlit), dengan menggunakan aplikasi yang tepat, iPad bisa sangat berguna untuk banyak kegiatan.

Ingin mengikuti langkah saya? Anda harus menyiapkan beberapa hal berikut:

  • Tentu saja, iPad. Ini bukan ajang promosi, tentunya, tapi hanya ingin berbagi kegunaan saja.
  • Komputer, dalam hal ini bisa jadi PC (dengan sistem operasi Windows) atau Mac (komputer jinjing/laptop atau komputer meja/desktop bisa dipakai). Komputer berguna untuk memasukkan data ke dalam iPad.
  • iTunes, suatu aplikasi gratis yang wajib dimiliki untuk mengorganisasi penggunaan iPad anda. Jika anda tidak memilikinya, dapat anda unduh di sini.
  • Aplikasi. Kini saya bisa menyarankan penggunaan sejumlah aplikasi. Ada tiga aplikasi yang bisa saya rekomendasikan: GoodReader for iPad ($4.99), UPAD ($4.99), atau iAnnotate PDF ($9.99).
  • Scanner.

Pada pokoknya, anda akan menggunakan iPad anda sebagai alat pembaca partitur (sheet reader). Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pindai (scan) partitur cetak yang anda miliki. Untuk memanfaatkan sebaik-baiknya layar iPad, anda harus memindai partitur dengan pengaturan terbaik. Kebanyakan partitur berwarna hitam-putih, maka pindai dengan menggunakan pengaturan hitam-putih (black and white) dengan resolusi 400 dpi. Simpan dalam format .pdf (umumnya dibuka menggunakan program Adobe Reader di komputer).
  • Anda bisa juga mengunduh (download) partitur berbentuk digital, khususnya yang telah habis masa hak ciptanyanya (public domain). Salah satu sumber terbaiknya adalah dari Choir Public Domain Library.
  • Sebagai contoh, saya akan mencontohkan memasukkan berkas partitur menggunakan aplikasi GoodReader for iPad. Ada dua cara memasukkannya. Cara pertama: gunakan koneksi wi-fi. Mula-mula, buka aplikasi GoodReader for iPad dengan men-tap ikon aplikasinya. Ketika terbuka, lihat bagian kanan bawah dan anda akan temukan ikon wi-fi (seperti gambar potongan pizza dengan empat baris garis). Sentuh ikon tersebut, dan ikuti instruksi yang tersedia untuk sistem operasi masing-masing.
GoodReader1
Tampilan GoodReader for iPad
  • Cara kedua, gunakan iTunes. Hubungkan komputer dengan iPad melalui kabel USB. Pada tampilan iTunes, pilih iPad anda (dari sidebar di sebelah kiri). Ketika tampilan iPad anda muncul, pilih Apps (dari tab) di atas. Lakukan scroll ke bawah tampilan untuk melihat tampilan “File Sharing”. Silakan masukan berkas partitur anda lewat tampilan tersebut (cara ini dapat digunakan untuk aplikasi UPAD dan iAnnotate PDF, silakan pilih aplikasi yang ingin digunakan).
iTunesapps
Tampilan Memasukkan Berkas Lewat iTunes

Setelah memasukkan berkas yang diperlukan, anda dapat menggunakan iPad anda untuk:

  • Penampilan. Bagi iPad generasi pertama, Apple iPad Case ($39) dapat menyamarkan iPad anda dengan clear-holder folio yang umumnya digunakan para penyanyi saat konser. Tentu saja anda dapat menggunakan folio case sejenis.
  • Anotasi (annotate). Anotasi dapat berupa memberikan tanda, catatan, dst.
  • Menyaksikan video penampilan paduan suara, atau mendengar lagu-lagu paduan suara (membantu saat mempelajari suatu lagu baru).

Saya juga melihat ada satu aplikasi lain yang potensial, bernama GigBook ($4.99). Secara garis besar, cara kerjanya sama dengan langkah-langkah di atas. Hanya saja, GigBook memang ditujukan untuk para musisi dalam menyimpan partitur, sementara aplikasi-aplikasi di atas ditujukan untuk penggunaan umum.

Satu lagi catatan, pada dasarnya anda dapat menggunakan aplikasi “PDF Reader” apapun. Tiga aplikasi di atas hanya bagian dari rekomendasi saya.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s