A session of Model United Nations, when delegates raise their placards. (Chosun Education/Best Delegate)

SIMUN 5: Ambil Bagian dalam Model United Nations

Tulisan ini merupakan tulisan kelima dari Seri Model United Nations, yaitu serangkaian artikel mengenal kegiatan simulasi sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yang kini sedang populer di kalangan akademik muda, khususnya para pelajar dan mahasiswa. Tulisan ini disediakan secara cuma-cuma demi diseminasi ilmu pengetahuan. Jika Anda hendak mengutip sebagian dari tulisan ini, mohon melakukannya dengan kaidah akademik yang berlaku.

Ketika Anda membaca tulisan ini, saya dapat asumsikan bahwa Anda siap untuk berpartisipasi dalam sebuah Model United Nations. Anda bisa saja ambil bagian dalam sebuah konferensi bersifat regional, nasional, internasional, atau dari tingkat yang paling kecil: di dalam universitas anda. Saya telah melihat sejumlah macam partisipasi dalam Model United Nations: mulai dari ujian akhir untuk mata kuliah Praktek Diplomasi hingga berpartisipasi dalam apa yang disebut orang sebagai the Olympics of Model United Nations. Bab ini akan menjadi pengantar Anda untuk berpartisipasi dalam salah satunya.

Memilih Model United Nations mana

Anda dapat menemukan daftar penyelenggaraan Model United Nations di bagian belakang buku ini — tentu saja buku ini tidak dapat menyediakan daftar lengkap ratusan Model United Nations yang ada di seluruh dunia. Banyak faktor yang bisa berkontribusi dalam pemilihan Anda, di antaranya:

  1. Jenis konferensi: Apakah Anda memilih konferensi untuk umum, atau konferensi di dalam universitas Anda (semisal untuk ujian akhir mata kuliah Praktek Diplomasi Anda)?
  2. Cakupan konferensi: Apakah Anda memilih konferensi di tingkat regional (misalnya sepropinsi), nasional (misalnya se-Indonesia), atau internasional (se-Asia Pasifik, sedunia)?
  3. Bujet: Berapa bujet yang Anda miliki? Seberapa banyak bujet yang dapat Anda sediakan untuk partisipasi Anda?
  4. Proses pendaftaran: Apakah pendaftaran Model United Nations tersebut terbuka bagi semua peserta/tanpa seleksi, atau membutuhkan seleksi khusus dari pihak panitia?
  5. Tempat penyelenggaraan: Di mana Model United Nations ini diselenggarakan? Berapa besar pengeluaran yang Anda butuhkan untuk mencapai tempat tersebut?
  6. Lama dan waktu penyelenggaraan: Berapa lama Model United Nations ini diselenggarakan? Hanya satu hari? Atau beberapa hari? Apakah penyelenggaraannya kebetulan bersamaan dengan hari penting di universitas Anda (semisal ujian)?
  7. Lainnya: Apakah Anda memiliki ambisi khusus untuk menargetkan komisi tertentu?

Semua faktor tersebut pasti akan Anda pertimbangkan untuk memilih Model United Nations mana yang Anda ikuti. Kadang-kadang, kesempatan bisa begitu saja terbuka bagi Anda untuk mengikuti Model United Nations terbaik. Misalnya, saya dan sejumlah teman berhasil mengikuti World Model United Nations yang kebetulan diadakan di Singapura (dekat, bujet lebih murah dibanding jika diadakan di Amerika, yang jauh jaraknya dari Indonesia). Hal ini tentu akan memberikan dorongan khusus bagi Anda untuk berpartisipasi di Model United Nations yang berskala besar.

Jika Anda sudah menentukan pilihan Anda, tahap berikutnya adalah mendaftarkan diri. Kunjungi situs resmi Model United Nations tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan melakukan proses pendaftaran.

Melakukan pendaftaran

Umumnya, Anda akan melakukan proses pendaftaran melalui situs resmi Model United Nations tersebut. Di kebanyakan Model United Nations, pendaftaran harus dilakukan oleh siswa aktif, di mana siswa yang mendaftarkan tersebut kemudian dianggap sebagai Ketua Delegasi (Head Delegate). Tujuannya untuk memusatkan seluruh arus komunikasi antara delegasi dengan panitia melalui hanya satu pihak saja.

Ketika melakukan proses pendaftaran, Anda diharapkan untuk memiliki jumlah yang pasti berapa banyak anggota delegasi yang akan Anda kirimkan (meskipun nama bisa diberikan kemudian). Anda juga tentu akan diminta membayar sejumlah uang registrasi, yang bisa terdiri dari dua macam uang registrasi: [1] uang registrasi delegasi/tim (delegation fee), yaitu satu uang registrasi yang dibayarkan satu kali untuk semua anggota tim, dan [2] uang registrasi anggota delegasi (delegates fee), yaitu uang registrasi yang harus dibayarkan per jumlah anggota delegasi yang akan berangkat.

Penting untuk mengordinasikan pendaftaran tim Anda dengan pihak universitas Anda, dikarenakan banyak Model United Nations mensyaratkan bahwa satu delegasi adalah tim yang dikirimkan oleh satu universitas, dan satu universitas hanya boleh mengirimkan satu delegasi saja. Panitia dapat mencurigai dua delegasi yang mengirimkan tim dengan nama yang hampir sama/mirip.

Persiapan tim

Untuk berpartisipasi dalam Model United Nations, tentu Anda harus melakukan sejumlah persiapan. Bersama dengan tim Anda, Anda dapat menggelar sejumlah simulasi dengan topik-topik berbeda, dan Anda wajib mengakrabkan diri Anda dengan aturan prosedural (rules of procedure) yang akan muncul dalam Model United Nations tersebut. Aturan prosedural ini biasanya akan dengan mudah Anda dapatkan dengan mengunduh (download) buku panduan permulaan dari situs resmi Model United Nations tersebut.

Untuk dapat berpartisipasi dalam Model United Nations secara substansial, umumnya Anda membutuhkan waktu persiapan yang relatif panjang, bisa mencapai 6 bulan hingga 1 tahun. Dengan demikian, Anda dapat lebih mengakrabkan diri dengan suasana Model United Nations, dengan aturan prosedural, dan lebih terbiasa melakukan debat dan pidato dalam situasi Model United Nations.

Juga penting untuk Anda pertimbangkan adalah keberadaan pendamping/pelatih dalam persiapan Anda. Persiapan dalam Model United Nations tidak hanya membutuhkan para dosen/guru yang mampu mengajarkan Anda bahan-bahan substansial mengenai isu yang Anda dapatkan, melainkan juga membutuhkan mereka yang telah berpengalaman dalam Model United Nations—terutama dalam konferensi yang sama dari penyelenggaraan sebelumnya. Meminta bantuan dari mereka yang telah berpengalaman akan jauh membantu Anda dalam mempersiapkan diri.

Mengumpulkan dana (fundraising)

Berpartisipasi dalam Model United Nations bisa jadi sangat mahal, khususnya jika diadakan di luar negeri. Mengumpulkan dana untuk membiayai mulai dari registrasi sampai akomodasi Anda selama mengikuti konferensi akan menjadi sesuatu yang sangat penting. Selain meminta dukungan dana dari pihak universitas, sejumlah delegasi berhasil mendapatkan sponsor dari perusahaan-perusahaan besar, dari pemerintah (misal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan dari upaya sendiri (misal dengan berjualan). Jauh lebih baik jika Anda dapat berpartisipasi tanpa perlu mengeluarkan uang sendiri.

Wajib Anda baca (sebelum konferensi)

Sebelum Anda berpartisipasi dalam konferensi, terutama beberapa bulan sebelumnya, hampir pasti Anda akan menerima sejumlah dokumen yang wajib Anda baca. Berikut adalah sejumlah dokumen tersebut.

Rules of Procedure

Buku aturan prosedural (rules of procedure) bukan saja wajib Anda baca, tapi wajib Anda coba/simulasikan. Dokumen ini mencantumkan seluruh aturan prosedural yang akan digunakan dalam Model United Nations tersebut. Kepentingan Anda membaca Model United Nations ini juga adalah bahwa setiap Model United Nations bisa memiliki variasinya sendiri, sehingga Anda tidak dapat semerta-merta menggunakan aturan prosedural salah satu Model United Nations untuk berpartisipasi dalam Model United Nations lainnya.

Country and Committee Assignments

Dokumen yang satu ini juga wajib Anda baca, karena mencantumkan di negara/delegasi dan komisi mana Anda akan ditempatkan oleh panitia. Perlu Anda ketahui, banyak Model United Nations mengijinkan Anda untuk menmilih preferensi negara yang ingin Anda wakili (country assignments), tapi keputusan akhir ada di panitia. Dokumen ini wajib Anda diskusikan dengan seluruh anggota tim Anda, agar seluruh tim Anda dapat mengordinasikan kebijakan politik Anda sebagai satu negara.

Study Guide/Background Guide

Study Guide/Background Guide adalah satu buku kecil yang berisi sekitar 20-40 halaman, yang disusun oleh panitia dari komisi Anda, yang akan memberikan Anda gambaran umum mengenai komisi Anda, serta isu yang akan Anda diskusikan di dalam Model United Nations yang akan Anda ikuti. Pada bagian akhir, umumnya Study Guide juga akan mencantumkan Questions a Resolution Must Answer (QARMAs), daftar pertanyaan yang diharapkan dapat ‘dijawab’ oleh Resolusi yang akan dihasilkan oleh komisi Anda.

Position paper

Salah satu kewajiban Anda sebelum mengikuti Model United Nations adalah membuat position paper, sebuah dokumen singkat (1-2 halaman) yang menjelaskan posisi negara/delegasi Anda dalam isu yang akan dibahas di Model United Nations. Mengenai position paper akan dibahas dalam satu tulisan khusus, tapi penting bagi Anda untuk menggunakan Study Guide anda sebagai panduan dalam penulisan position paper.

Mempersiapkan diri untuk berangkat

Anda tentu harus mempersiapkan diri Anda untuk berangkat ke Model United Nations yang akan Anda ikuti. Persiapannya akan menjadi sedikit lebih rumit jika Anda akan mengikuti Model United Nations yang ada di luar negeri. Berikut adalah hal-hal yang harus Anda persiapkan:

  1. Transportasi. Jika Anda bepergian ke luar negeri, menggunakan pesawat udara adalah sebuah keharusan. Sangat baik jika Anda dapat membeli tiket dari banyak waktu sebelumnya (misalnya 1-3 bulan sebelumnya), karena pada umumnya harga tiket pesawat akan lebih murah jika Anda membeli dari jauh hari sebelumnya.
  2. Akomodasi. Ketika Anda memilih akomodasi, terdapat dua faktor besar yang harus Anda pikirkan: [1] Harga. Banyak orang yang bepergian dengan bujet relatif rendah memilih hotel murah (backpacker), sementara banyak orang tidak takut mengeluarkan banyak uang untuk menikmati akomodasi yang nyaman. [2] Letak. Memilih akomodasi yang dekat dengan tempat konferensinya akan jauh lebih baik.
  3. Visa. Banyak negara meminta Anda untuk mengurus visa untuk datang ke negara tersebut. Anda wajib mempersiapkan diri dengan baik untuk visa Anda, karena penolakkan visa berarti Anda gagal mengikuti Model United Nations. Sejumlah Model United Nations bersedia menyediakan surat sponsor/surat keterangan, yang biasanya akan memberikan pertimbangan khusus ketika Anda memohon visa.

Alat-alat Anda selama di Model United Nations

Setibanya Anda di tempat konferensi, registrasi ulang adalah hal yang mutlak Anda lakukan. Ketika melakukan registrasi ulang tersebut, Anda akan mendapatkan setidaknya 3 alat berikut, yang sangat wajib Anda bawa setiap saat selama berada di ruang konferensi.

Placard

Placard adalah sepotong kertas, yang ukurannya bervariasi (cukup besar agar nama negara/delegasinya bisa dibaca dari jauh), yang akan berguna bagi Anda ketika Anda harus memilih sesuatu, atau Anda diharapkan memberi respon. Misal, dalam proses voting, Anda pada umumnya akan diminta untuk mengangkat tinggi placard Anda untuk menyatakan pilihan Anda (“Delegates who are in favor, please raise your placards!”). Anda harus berhati-hati karena pentingnya placard ini, kehilangan placard anda bisa berakibat Anda harus membayar sejumlah uang kepada panitia untuk mendapatkan placard baru!

Delegate’s Handbook

Delegate’s Handbook merupakan buku panduan bagi setiap anggota delegasi yang berpartisipasi dalam Model United Nations. Buku inilah yang menyediakan seluruh informasi mengenai keikutsertaan Anda, mulai dari daftar delegasi yang berpartisipasi, daftar seluruh komisi yang ada, jadwal konferensi dan acara-acara lainnya, hingga nomor telepon darurat dan peta untuk Anda bepergian di tempat penyelenggaraan. Buku ini akan sangat berguna, sehingga membawanya ke manapun Anda pergi selama konferensi akan sangat dianjurkan.

Name tag/Identity Card

Umumnya berbentuk kartu dengan tali gantung (lanyard), name tag/identity card  penting perannya sebagai tanda pengenal Anda untuk memasuki ruang konferensi. Tanda pengenal ini menjelaskan status Anda sebagai peserta di dalam konferensi Model United Nations tersebut. Pada tanda pengenal ini umumnya tercantum nama Anda, asal universitas Anda, dan komisi tempat Anda ditempatkan. Tanda pengenal ini juga umumnya dipakai untuk membedakan peserta yang menjadi delegasi (delegate) dan para penasihat dan pembimbing dari universitas (faculty advisor), yang biasanya merupakan para dosen.

Berpakaian dengan baik

Sebagai sebuah konferensi formal, para pesertanya diwajibkan menggunakan pakaian yang resmi dan pantas. Anda harus menyiapkan pakaian-pakaian formal untuk berpartisipasi di dalam ruang konferensi. Pakaian yang harus anda kenakan adalah apa yang dikenal sebagai conservative (western) business attire, yang umumnya terdiri dari jas, kemeja polos, dasi, dan celana panjang serta sepatu resmi untuk pria dan kemeja, rok/celana panjang resmi serta jas/blus untuk wanita. Jangan gunakan baju-baju tidak resmi di dalam ruang konferensi, semisal kaus, celana jins, sepatu olah raga, dan baju-baju semacamnya, atau Anda bisa beresiko dikeluarkan dari ruang konferensi. Jangan pula gunakan setelan alma mater Anda ketika mengikuti sidang.

Jika Anda mengikuti konferensi di negara lain, Anda mungkin ingin memikirkan berapa banyak baju formal yang ingin Anda bawa. Umumnya Anda hanya memiliki 1 jas/blus untuk seluruh penyelenggaraan konferensi, yang mungkin saja mencapai 5 hari. Anda harus cukup bijaksana untuk menyiapkan baju Anda. Anda juga dilarang mengenakan baju-baju lainnya semisal baju daerah/adat; atau menggunakan aksesoris berlebihan seperti tindik.

Lihat jadwal konferensi Anda

Jadwal konferensi Anda sangat bergantung pada berapa lama Model United Nations yang Anda ikuti berlangsung: bisa hanya beberapa jam, 1-2 hari, atau sampai satu minggu kerja. Ketika Anda menerima Delegate’s Handbook, penting bagi Anda untuk langsung melihat jadwal konferensi Anda. Di sini saya akan memberikan salah satu contohnya, yang diambil dari umumnya Model United Nations yang diselenggarakan selama satu minggu kerja (lima hari).

Catatan: Tabel berikut hanya berfungsi sebagai contoh jadwal dalam sebuah konferensi Model United Nations yang dilangsungkan selama 1 minggu penuh (5 hari kerja). Jika Model United Nations Anda memiliki waktu penyelenggaraan yang berbeda, jadwal mungkin akan jauh berbeda.

SENIN (HARI I)

08.00-09.00
09.00-10.00
10.00-11.00 Registrasi ulang bagi para delegasi dan penasehat
11.00-12.00
12.00-01.00
01.00-02.00 Jeda makan siang
02.00-03.00 Upacara pembukaan Model United Nations
03.00-04.00
04.00-05.00
05.00-06.00
06.00-07.00
07.00-08.00 Acara sosial
08.00-

SELASA (HARI II)

08.00-09.00 Sesi I Konferensi
09.00-10.00
10.00-11.00
11.00-12.00 Jeda makan siang Seminar
12.00-01.00
01.00-02.00 Sesi II Konferensi
02.00-03.00
03.00-04.00
04.00-05.00
05.00-06.00
06.00-07.00
07.00-08.00 Acara sosial
08.00-

RABU (HARI III)

08.00-09.00 Sesi III Konferensi
09.00-10.00
10.00-11.00
11.00-12.00 Jeda makan siang Seminar
12.00-01.00
01.00-02.00
02.00-03.00
03.00-04.00
04.00-05.00
05.00-06.00
06.00-07.00
07.00-08.00 Acara sosial
08.00-

KAMIS (HARI IV)

08.00-09.00 Sesi IV Konferensi
09.00-10.00
10.00-11.00
11.00-12.00 Jeda makan siang
12.00-01.00
01.00-02.00 Sesi V Konferensi
02.00-03.00
03.00-04.00
04.00-05.00
05.00-06.00
06.00-07.00
07.00-08.00 Acara sosial
08.00-

JUMAT (HARI V)

08.00-09.00 Sesi VI Konferensi
09.00-10.00
10.00-11.00
11.00-12.00 Jeda makan siang
12.00-01.00
01.00-02.00
02.00-03.00
03.00-04.00
04.00-05.00
05.00-06.00
06.00-07.00 Upacara penutupan Model United Nations
07.00-08.00
08.00-

Acara sosial

Sejumlah Model United Nations menyediakan acara sosial (social events), yaitu acara-acara khusus yang dibuat di luar jam konferensi, yang bertujuan untuk mengakrabkan seluruh peserta Model United Nations, sambil menjadi kesempatan untuk bersenang-senang setelah sehari bersidang.

***

Setelah menyelesaikan bab ini, Anda siap untuk masuk ke real deal, yaitu Model United Nations in practice. Anda wajib mengakrabkan diri dengan seluruh istilah, aturan prosedural, dan tata cara yang terdapat di Model United Nations, yang akan dibahas dalam beberapa tulisan setelah ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s