Categories
International Relations

SIHI 1: Pengantar Studi Hubungan Internasional

Ruang Lingkup Studi Hubungan Internasional

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, studi HI berfokus pada interaksi antar aktor-aktor hubungan internasional. Pada studi HI klasik, interaksi yang diamati merupakan interaksi yang terjadi di antara aktor-aktor negara. Kini, studi HI juga telah mencakup interaksi yang terjadi pada aktor-aktor non-negara dan interaksi di antara aktor negara dan non-negara.

Lebih lanjut, Karl Deutsch membagi ruang-ruang lingkup studi HI dalam dua belas kategori, yang juga didasarkan pada berbagai pertanyaan penting yang diajukannya. Dua belas kategori ini juga dapat dianggap sebagai topik-topik utama yang umumnya dipelajari seorang pembelajar HI. Dua belas kategori tersebut, sebagaimana dikutip oleh Mohtar Mas’oed:[32]

Tabel 1.3 Dua belas ruang lingkup studi HI menurut Karl Deutsch

No

Ruang Lingkup

Pertanyaan-pertanyaan

1

Bangsa dan Dunia Bagaimana dan dalam bentuk apa hubungan suatu bangsa dengan bangsa-bangsa lain di sekitarnya dilakukan? Kapan, bagaimana, dan berapa cepat suatu bangsa dan suatu negara-bangsa muncul dan tenggelam? Selama bangsa dan negara-bangsa itu ada, bagaimana hubungannya dengan bangsa-bangsa lain? Bagaimana negara-bangsa menangani individu dan kelompok-kelompok lebih kecil yang ada di dalamnya? Bagaimana negara-bangsa berhubungan dengan organisasi-organisasi internasional dan dengan sistem politik internasional?

2

Proses Transnasional dan Interdependensi Internasional Sejauh mana pemerintah dan rakyat dari suatu negara-bangsa bisa menentukan masa depannya sendiri, dengan kata lain, berapa besar kemungkinannya untuk bersikap independen dari bangsa lain? Sebaliknya, sejauh mana tindakannya tergantung pada kondisi dan peristiwa di luar batas wilayah nasionalnya? Apakah negara-negara dan bangsa-bangsa di dunia sekarang lebih “berdaulat” dan tidak tergantung satu-sama-lain, atau apakah tihdakan dan nasib mereka menjadi semakin saling-tergantung? Atau, apakah mereka sekaligus menjadi semakin independen dan semakin interdependen tetapi dalam bidang-bidang kegiatan yang berbeda? Bagaimana keadaan dunia yang akan datang, misalnya 50 tahun mendatang, dalam hal hubungan transnasional ini?

3

Perang dan Damai Apa yang menentukan terjadinya perang dan perdamaian di antara bangsa-bangsa? Kapan, bagaimana, dan mengapa perang pecah, berlangsung, dan berhenti? Bagaimana proses perang itu berlangsung di masa lalu, sekarang, dan kemungkinannya di masa datang? Berapa banyak dan jenis pertarungan apa yang bisa disetujui dan didukung oleh rakyat suatu negara? Kapan, untuk tujuan apa, dan dengan persyaratan apa suatu pertarungan bisa disetujui dan didukung oleh rakyat itu?

4

Kekuatan dan Kelemahan Bagaimana sifat kekuatan (power) atau kelemahan suatu pemerintah, atau suatu bangsa, dalam politik internasional? Apa sumber-sumber dan syarat-syarat bagi tumbuhnya kekuatan itu? Apa batas-batas kekuatan itu? Kapan, bagaimana, dan mengapa kekuatan berubah?

5

Politik Internasional dan Masyarakat Internasional Apa yang bersifat politik dalam hubungan internasional, dan apa yang tidak? Bagaimana hubungan antara politik internasional dengan kehidupan masyarakat bangsa-bangsa?

6

Kependudukan versus Pangan, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Apakah jumlah penduduk dunia tumbuh lebih cepat daripada penyediaan bahan makanan, energi, dan sumber daya alam lainnya, dan lebih cepat daripada “daya dukung” lingkungan, dalam arti udara dan air yang bersih dan lingkungan alam tanpa polusi? Apakah kelalaian dalam bidang ini bisa menimbulkan ancaman terhadap “keamanan nasional” bangsa-bangsa di dunia, suatu ancaman yang sama gawatnya atau bahkan lebih menakutkan daripada yang mungkin ditimbulkan oleh adanya perubahan kekuatan politik atau militer di negara-negara tetangganya? Apakah masalah ini hanya menyebabkan pembatasan pertumbuhan secara sementara, ataukah merupakan pertanda datangnya masa kesengsaraan dan kemandegan materiil bagi umat manusia? Apa akibatnya terhadap politik dunia, termasuk perang dan perdamaian, dan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya?

7

Kemakmuran dan Kemiskinan Berapa besar ketimpangan distribusi kekayaan dan penghasilan di antara bangsa-bangsa di dunia? Berapa besar ketimpangan dalam hal-hal yang berkaitan dengan itu, misalnya harapan hidup dan pendidikan? Apakah ketimpangan antar negara itu lebih besar atau lebih kecil dibanding dengan ketimpangan yang ada di dalam negeri, misalnya ketimpangan antar kelompok etnis, antar kelas, atau antar daerah? Apakah berbagai ketimpangan semakin meningkat atau menurun? Berapa cepat dan berapa banyak peningkatan atau penurunan itu? Apa yang menentukan sifat distribusi ini? Apa yang menentukan jumlah dan arah perubahan sifat distribusi itu? Apa yang bisa dilakukan untuk melakukan perubahan secara terencana? Berapa cepat dan berapa banyak perubahan itu bisa dilakukan?

8

Kebebasan dan Penindasan Seberapa jauh kepedulian tentang kebebasannya daripada bangsa atau negara lain, dan berapa jauh mereka memedulikan kebebasan di dalam bangsa atau negara sendiri? Apa yang mungkin mereka lakukan demi perbaikan masalah itu? Kapan hal ini mungkin dilakukan, dan apa syaratnya, Apakah yang dimaksud orang dengan “kebebasan”:(a)   Apakah kebebasan berarti tersedianya pilihan-pilihan yang luas bagi rakyat dan toleransi terhadap perilaku kaum minoritas dan terhadap individu yang kritis; atau(b)   Apakah kebebasan berarti tunduk pada pemerintahan mayoritas, pada tradisi, pada beberapa pemimpin yang diberi kepercayaan, atau pada tirani?Sejauh mana orang menganggap kebebasan sebagai tujuan, dan sejauh mana mereka memandangnya sebagai alat untuk mencapai tujuan yang dianggap lebih penting? Kondisi-kondisi apa saja yang memengaruhi atau mengubah persepsi dan pilihan-pilihan itu? Berapa cepat dan sejauh mana kondisi-kondisi itu memengaruhi dan mengubah persepsi dan pilihan itu? Seberapa besar perbedaan jenis dan jumlah kebebasan yang diinginkan orang di berbagai negara yang berbeda, dan di berbagai kelompok dalam negara yang sama? Berapa besar perbedaan dalam jenis dan jumlah kebebasan yang diperoleh oleh orang di berbagai negara atau di berbagai kelompok dalam negara yang sama itu? Seberapa jauh dan seberapa cepat perbedaan ini berubah? Kapan dan apa syaratnya?

9

Persepsi dan Ilusi Bagaimana para pemimpin dan warga suatu negara memandang bangsa mereka sendiri, dan bagaimana mereka memandang bangsa-bangsa lain beserta perilaku mereka? Berapa kadar kenyataan atau khayalan dalam persepsi ini? Kapan persepsi itu bersifat realistis atau ilusi? Dalam hal apa? Dalam kondisi bagaimana pemerintah dan rakyat pemilihnya bisa bersikap penuh pengertian terhadap bangsa lain, dan dalam hal apa mereka bersikap picik? Sejauh mana pemerintah nasional berfungsi sebagai sumber salah-pengertian antar-bangsa dan mitos pengagungan diri sendiri? Apa akibat semua ini terhadap kemampuan pemerintah dan negara-bangsa untuk mengendalikan perilaku mereka sendiri guna memperkirakan akibat dair tindakan mereka itu? Seberapa sering negarawan membuat keputusan penting tentang perang atau perdamaian berdasar pemahaman fakta secara salah? Apa yang bisa dilakukan untuk membuat kemungkinan kesalahan menjadi lebih kecil dan membuat persepsi menjadi semakin realistis?

10

Aktivitas dan Apati Lapisan dan kelompok mana dalam masyarakat yang berminat aktif terhadap politik? Lapisan dan kelompok mana yang berminat aktif terhadap masalah internasional? Kondisi apa yang cenderung memperbesar atau memperkecil proporsi partisipan aktif ini? Seberapa cepat dan dalam hal apa, kondisi itu bisa memperbesar atau memperkecil proporsi mereka? Lapisan masyarakat mana lagi yang harus dianggap relevan bagi kehidupan politik pada suatu saat dan suatu tempat tertentu? Kondisi apa yang bisa mengubah luas lapisan-lapisan masyarakat yang secara politik relevan ini? Apa akibat perubahan dalam jumlah partisipasi politik aktual dan potensial itu terhadap proses politik dan terhadap hasil proses itu? Terutama sekali, apa akibat dari perubahan dalam derajat partisipasi massa dalam politik terhadap pelaksanaan dan hasil hubungan internasional? Jenis politik dan hubungan internasional apa yang mungkin terjadi di antara bangsa-bangsa yang kegiatan ekonominya bersifat subsistensi dan yang apatis terhadap politik? Dan jenis politik dalam negeri dan internasional apa yang mungkin berkembang dengan adanya peningkatan besar-besaran dalam monetisasi ekonomi, komunikasi massa, kemampuan baca-tulis, mobilitas sosial, dan partisipasi politik?

11

Revolusi dan Stabilitas Dalam kondisi apa kemungkinan suatu pemerintah digulingkan? Kapan, dalam kondisi apa, dan seberapa besar kemungkinan keseluruhan elit penguasa atau kelas-kelas dominan kehilangan semua atau sebagian kekuasaan dan posisinya? Perubahan permanen apakah, kalau ada, yang dihasilkan oleh revolusi? Kapan dan bagaimana keseluruhan sistem-sistem hukum, ekonomi, dan kemasyarakatan (dengan kata lain, keseluruhan pola kebudayaan) dihapuskan sepenuhnya atau sebagaian dan diganti dengan sistem atau pola yang lain? Seberapa cepat proses besar-besaran itu terjadi, dan berapa besar kurbannya dalam arti kerusakan martiil dan kesengsaraan manusia? Kelompok penduduk manakah yang menanggung beban kurban itu, dan untuk berapa lama? Apa keuntungan–kalau ada, dalam jangka pendek maupun panjang–yang bisa dihasilkan oleh perubahan itu dan siapa yang menikmatinya? Berapa lama waktu  diperlukan untuk menciptakan stabilitas politik dan sosial sesudah terjadi revolusi? Bagaimana stabilisasi itu dilakukan, bagaimana hasilnya, dengan kurban berapa, dan siapa yang menanggung beban kurban itu? Apa akibat dari proses revolusi, kontra-revolusi, dan stabilisasi suatu orde sosial atau politik terhadap jalannya politik internasional? Singkatnya, bagaimana revolusi dalam negeri bisa memengaruhi hubungan internasional, dan bagaimana pengaruh asing dan peristiwa internasional memengaruhi stabilitas dan keguncangan rezim dalam negeri dan sistem politik negara-negara tertentu? Apa yang bisa dilakukan, kalau ada, oleh pemerintah, negarawan, dan para pemilihnya untuk menangani proses ini? Sejauh mana proses itu dipengaruhi atau dikendalikan oleh tindakan yang terencana? Kapan, dengan biaya berapa, dan ke arah mana?

12

Identitas dan Transformasi Dengan berlangsungnya semua perubahan itu, bagaimana mereka — individu, kelompok, atau bangsa — mempertahankan identitas mereka? Unsur-unsur apakah yang membentuk identitas ini? Apakah perbedaan unsur-unsur identitas yang dimiliki orang yang berbeda juga menentukan perbedaan perilaku mereka? Apakah identitas itu merupakan kebutuhan nyata dari orang-orang atau kelompok-kelompok orang dalam suatu negara? Apakah yang akan terjadi kalau kebutuhan itu tidak terpenuhi? Sejauh mana identitas diri itu merupakan tujuan, dan sejauh mana pula ia merupakan sarana atau syarat untuk mencapai tujuan lain?  Bagaimana perasaan se-identitas terbentuk, dan bagaimana ia terhapus? Seberapa mendalam, seberapa cepat dan dalam kondisi bagaimana perasaan se-identitas itu timbul atau terhapus? Sejauh mana orang, kelas sosial, elit, pemerintah, dan bangsa menyerupai harimau, yang tidak bisa mengubah belangnya, dan sejauh mana mereka bisa mengubah diri sendiri atau diubah oleh keadaan? Sejauh mana orang, kelas sosial, dan kelompok rasial telah mengidentifikasikan diri dengan peran sementara sebagai pemilik kekuasaan dan hak-hak istimewa, yang mereka peroleh pada suatu waktu, dan seberapa mendalam mereka terbius dalam citra diri yang serba hebat? Sejauh mana mereka bisa mengubah perilaku, tujuan, struktur kejiwaan, dan karakter mereka? Sejauh mana mereka tetap bisa mempertahankan identitas mereka sendiri di tengah-tengah perubahan yang terjadi? Terutama sekali, apa akibat dari perubahan internasional terhadap transformasi nasional dan identitas nasional? Apa akibat dari transformasi satu bangsa — atau beberapa kelompok atau kelas sosial dalam bangsa itu — terhadap bangsa-bangsa lain dan terhadap sistem internasional?

One reply on “SIHI 1: Pengantar Studi Hubungan Internasional”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s