Tanya Kak Matt: Pilih Negara, Pilih Komite

Kak Matt, bagaimana saya memilih negara dan komite untuk konferensi MUN saya?

Saat teman-teman menyelesaikan proses registrasi untuk sebuah konferensi MUN, teman-teman akan diminta untuk melengkapi informasi yang disebut sebagai penunjukkan negara-komite (country-committee assignment). Di konferensi MUN manapun, teman-teman akan ditunjuk untuk mewakili sebuah negara pada suatu komite tertentu.

Penunjukkan negara-komite dapat dilakukan lewat beberapa kemungkinan:

  • Panitia penyelenggara menetapkan langsung delegasi teman-teman untuk mewakili negara tertentu. Untuk opsi ini, panitia penyelenggara bisa menunjuk delegasi teman-teman untuk mewakili satu atau lebih negara. Kemudian, teman-teman dapat mendiskusikan di dalam delegasi delegat siapa akan ditugaskan di komite mana sebagai perwakilan dari negara yang ditunjuk.
Ilustrasi opsi ini:
Delegasi ABC memiliki 10 orang delegat. Panitia penyelenggara menetapkan bahwa delegasi ABC akan mewakili Republik Korea di lima komite (sebagai delegat berpasangan (double-delegate)).
  • Panitia penyelenggara secara khusus menunjuk teman-teman untuk mewakili negara tertentu di komite tertentu. Melalui opsi ini, teman-teman akan melakukan penugasan secara individual, dengan demikian, teman-teman bisa mendapat penugasan negara-komite yang berbeda dengan delegat lain, meskipun dalam delegasi yang sama.
Ilustrasi ini:
Delegasi XYZ memiliki 10 orang delegat. Panitia penyelenggara menetapkan delegat A dan B akan mewakili negara Perancis di komite DISEC, delegat C dan D akan mewakili negara Jepang di komite WHO, delegat E akan mewakili negara Ekuador di Dewan Keamanan PBB, dan seterusnya.

Penunjukkan negara-komite dilakukan dengan merujuk pada matriks negara-komite (country-committee matrix). Matriks ini adalah sebuah tabel yang disusun oleh panitia penyelenggara yang mengandung kombinasi negara dan komite yang ada di konferensi tersebut. Dengan menggunakan matriks tersebut, teman-teman akan mengetahui negara dan komite apa saja yang tersedia.

DISECSOCHUMSPECPOLLEGALUNSCG-20ARFHGAHSC
Aljazair22222
Amerika Serikat222212221
China222212221
India2222222
Nepal2222
Contoh matriks negara-komite (disingkat)

Dengan menggunakan matriks tersebut, teman-teman dapat melihat misalnya:

  • Amerika Serikat bisa menampung 16 orang delegat, dengan dua orang delegat di Komite Pelucutan Senjata dan Keamanan Internasional (DISEC, atau GA-1), dua orang delegat di Komite Sosial, Budaya, dan Kemanusiaan (SOCHUM, atau GA-3), hingga satu orang delegat di Komite Dewan Keamanan Historis (HSC).
  • Dengan penunjukkan ‘satu negara, satu delegasi,’ maka:
    • Bila delegasi teman-teman memiliki persis 16 orang delegat, maka seluruh 16 delegat tersebut bisa ditunjuk mewakili Amerika Serikat.
    • Bila delegasi teman-teman memiliki 17 atau lebih orang delegat, maka teman-teman bisa mewakiliki lebih dari satu negara, misalnya Amerika Serikat dan Nepal.
    • Bila delegasi teman-teman memiliki kurang dari 16 delegat, maka Amerika Serikat bisa dibagi ke dua atau lebih delegasi.
  • Cara lain penunjukkan adalah misalnya, delegat A dan delegat B ditunjuk untuk mewakili, “Amerika Serikat di DISEC (dua delegat).” Sementara mungkin delegat C dan D dalam delegasi yang sama mungkin ditunjuk mewakili, “China di LEGAL (dua delegat).”

Sejumlah konferensi mungkin menanyakan kepada teman-teman apabila teman-teman memiliki pilihan tertentu untuk ditunjuk pada salah satu negara atau komite-komite tertentu. Hal ini disebut sebagai pilihan negara-komite (country-committee preference). Kadang, panitia penyelenggara mungkin juga menanyakan pertanyaan lanjutan untuk mendukung pilihan teman-teman, misalnya dengan pertanyaan seberapa berpengalamannya teman-teman dalam MUN, atau bagaimana teman-teman dapat memastikan partisipasi yang produktif dalam komite masing-masing. Bila proses ini ada, panitia penyelenggara juga dapat membatasi pilihan sampai pada batas tertentu, misalnya, komite yang memiliki tingkat kesulitan lebih tinggi mungkin dibatasi pada delegat-delegat yang lebih berpengalaman. Pada akhirnya, keputusan mengenai penunjukkan negara-komite adalah keputusan panitia penyelenggara dan tidak dapat diganggu gugat.

Tentang seri Tanya Kak Matt
Seri Tanya Kak Matt dimaksudkan untuk teman-teman yang berpartisipasi dalam Persidangan Semu Perserikatan Bangsa-bangsa (dikenal pula dengan istilah Model United Nations atau MUN). Saya menggunakan seri ini untuk menjawab sejumlah pertanyaan yang sangat sering diajukan oleh teman-teman yang saya ajar dalam persiapannya untuk berpartisipasi di sejumlah MUN di Indonesia dan mancanegara, serta juga untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepada saya secara langsung. Saya mencoba menyederhanakan dan mendistilasi sejumlah informasi praktis mengenai MUN untuk menjawab dan menerangkan isu-isu yang mungkin menimbulkan keraguan, atau membuat khawatir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s