Dari Koleksi: Perangko Olimpiade Tokyo 2020

Esok hari, 23 Juli 2021, Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 akan dibuka secara resmi. Olimpiade yang mungkin paling bersejarah sejak pertama kali diadakan di waktu modern pada tahun 1896 ini akan menandakan pertama kalinya Olimpiade diadakan di tengah masa pandemi global yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Setelah ditunda penyelenggaraannya dari tahun lalu, tentu banyak pihak menantikan terselenggaranya Olimpiade ini—meskipun tidak sedikit juga yang menginginkan penundaan kembali atau bahkan pembatalan. Biarpun tetap ada kontroversi ini, saya ingin ikut menandai upacara pembukaan esok dengan melihat satu barang dari koleksi saya: perangko peringatan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Perangko peringatan ini diterbitkan oleh Japan Post, yang merupakan perusahaan pos resmi Jepang, pada 23 Juni 2021. Perangko ini masing-masing bernominal ¥84 (kira-kira Rp12.000), dan satu lembar utuh (full sheet) berharga ¥2.100 (kira-kira Rp285.000) berisi 25 keping perangko.

Yang terdapat dalam koleksi saya adalah sebuah paket presentasi (presentation pack), atau yang disebut sebagai buku perangko (stamp book). Paket presentasi ini menjadi suvenir resmi dari penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020.

Sampul presentation pack perangko Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 (sampul depan di sebelah kanan)

Bila membuka presentation pack ini, Anda akan pertama menemukan penjelasan singkat mengenai Olimpiade dan Paralimpiade, dua acara olah raga multi-event terbesar di dunia yang selalu diadakan hampir bersamaan. Lebih jauh membuka presentation pack ini, maka Anda akan disajikan empat halaman yang memuat satu lembar souvenir sheet, atau lembar khusus yang hanya menyajikan satu perangko berdesain khusus, serta tiga full sheet—dua di antaranya mewakili Olimpiade, dan satu yang terakhir mewakili Paralimpiade.

Isi utuh dari presentation pack
Souvenir sheet yang menggambarkan Stadium Olimpiade Tokyo dengan gaya perangko yang klasik dan bernilai lebih tinggi

Dari paling kiri, terdapat souvenir sheet khusus bergambar Stadium Olimpiade Tokyo. Souvenir sheet ini memiliki desain yang terlihat ‘klasik’ atau sedikit ‘retro’, dengan nilai nominal yang lebih tinggi pula, yaitu ¥500 (kira-kira Rp70.000). Untuk mendapatkan souvenir sheet ini, Anda harus membeli keseluruhan presentation pack tersebut, karena souvenir sheet ini tidak dijual terpisah.

Lembar-lembar selanjutnya menampilkan cabang-cabang olah raga apa saja yang dilombakan di kedua kompetisi. Desainnya cukup unik, yang menurut saya tergambar dengan beberapa macam pola—terkesan seperti gambar komik, tapi di sisi lain seperti lukisan yang cukup realistis. Dengan tulisan “TOKYO 2020”, “NIPPON” (Jepang), serta tahun terbitnya dalam bahasa Jepang (“Reiwa 3” atau ”令和3年”) dan “2021”.

Detil dari salah satu full sheet

Perangko ini memang layak dikoleksi apalagi mengingat betapa bersejarahnya Olimpiade Musim Panas 2020 (yang diselenggarakan di tahun 2021) ini. Perangko ini dijual di Jepang seharga ¥10.000 (kira-kira Rp1.400.000).

Perangko ini adalah suvenir resmi dari Olimpiade dan Paralimpiade 2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s