Glosarium MUN

Saya menyusun glosarium (daftar istilah) terkait Model United Nations (MUN) yang bisa menjadi referensi bagi para calon delegat yang akan berpartisipasi dalam sebuah konferensi MUN. Glosarium ini saya susun secara bertahap dan akan diperbarui secara berkala. Silakan kunjungi dari waktu ke waktu untuk melihat pembaruan yang ada.

Mohon perhatian bahwa glosarium ini disusun dalam bahasa Indonesia, dan semua definisi akan dituliskan dalam bahasa Indonesia. Apabila terdapat informasi dalam kurung (ingg. <lema>), ini adalah penyebutan istilah yang sama dalam bahasa Inggris.


adidaya (ingg superpower) dengara yang memiliki kekuatan berskala global terbesar dan cenderung tidak tersaingi.

aktor non-negara (ingg non-state actor) entitas yang berpengaruh untuk hubungan internasional namun bukan merupakan entitas negara atau tidak memiliki karakteristik dasar sebuah negara.

aliansi (ingg alliance) kemitraan yang dibentuk secara formal antara dua negara atau lebih melalui suatu perjanjian, umumnya melibatkan komitmen dalam bidang pertahanan atau keamanan.

amnesti (ingg amnesty) pengampunan yang diberikan pemerintah suatu negara atas seorang yang dipidana melakukan tindak kejahatan tertentu.

anarkisme (ingg anarchism) ideologi politik yang menentang keabsahan pemerintah.

bank sentral (ingg central bank) lembaga keuangan paling utama di sebuah negara, umumnya bertanggung jawab menyusun kebijakan moneter negara tersebut.

bipolaritas (ingg bipolarity) konsep perimbangan kekuatan di mana hanya terdapat dua kekuatan utama dunia yang memiliki kekuatan lebih besar dari negara-negara lainnya dan cenderung saling mengimbangi satu sama lain.

delegasi (ingg delegation) sekelompok delegat (perwakilan) pada sebuah konferensi.

delegat (ingg delegate) seorang peserta konferensi yang mewakili suatu negara anggota.

delegat kepala (ingg head delegate) pemimpin sebuah delegasi yang mengelola urusan administratif delegasi tersebut.

deterensi (ingg deterrence) strategi yang digunakan untuk mencegah pihak musuh agar tidak menyerang.

energi alternatif (ingg alternative energy) sumber energi yang tidak berasal dari bahan bakar fosil (seperti minyak atau gas), melainkan dari sumber daya yang dapat diperbarui seperti air, angin, panas bumi, atau tenaga matahari.

hak veto (ingg veto right) dalam konteks PBB, hak khusus yang dimiliki oleh anggota tetap Dewan Keamanan PBB untuk menolak atau membatalkan sebuah rancangan resolusi.

hukum humaniter internasional (ingg international humanitarian law) badan hukum internasional yang berlaku pada saat terjadinya konflik bersenjata.

hukum internasional berlaku pada saat konflik bersenjata (ingg international law applicable during armed conflictlihat hukum humaniter internasional

kebijakan luar negeri (ingg foreign policy) seperangkat kebijakan atau strategi yang ditetapkan suatu negara untuk memandu hubungannya dengan negara lain atau aktor hubungan internasional lainnya untuk dapat mencapai kepentingan nasionalnya.

kedaulatan (ingg sovereignty) kebebasan mutlak yang dimiliki sebuah negara dari pengaruh atau campur tangan negara lain dan memiliki kemampuan untuk mengelola urusan dalam negerinya sendiri.

kekuatan (ingg power) kemampuan sebuah negara untuk meyakinkan negara lain melakukan apa yang diinginkannya.

kekuatan lunak (ingg soft power) dimensi kekuatan non-militer, misalnya ekonomi, budaya, atau diplomasi.

kepentingan nasional (ingg national interest) apa yang sebuah negara yakini sangat penting untuk menjaga negara tersebut tetap ada dan selamat.

komoditas (ingg commodity) barang yang dapat diperjualbelikan.

konflik bersenjata internasional (ingg international armed conflict) konflik bersenjata yang terjadi antara dua atau lebih negara.

konflik bersenjata non-internasional (ingg non-international armed conflict) konflik bersenjata yang terjadi antara dua atau lebih pihak di dalam batas-batas wilayah sebuah negara, atau konflik bersenjata antara entitas negara dan entitas non-negara di dalam teritori negaranya.

MUN kompetitif (ingg competitive MUN) konferensi MUN yang diselenggarakan sebagai sebuah kompetisi, di mana para delegat dapat memenangkan penghargaan.

MUN non-kompetitif (ingg non-competitive MUN) konferensi MUN yang diselenggarakan  hanya sebagai alat pembelajaran untuk membantu peserta memahami diplomasi internasional tanpa memberi penghargaan.

organisasi antarpemerintah (ingg intergovernmental organization) organisasi internasional yang keanggotaannya hanya terdiri dari negara-negara berdaulat saja.

pelucutan senjata (ingg disarmament) upaya suat neara untuk memusnahkan timbunan persenjataannya.

pemanasan global (ingg global warming) peningkatan suhu Bumi secara umum dalam jangka waktu yang panjang.

perang asimetris (ingg asymmetrical warfare) peperangan yang terjadi di mana para pihak yang berkonflik tidak memiliki kemampuan yang setara untuk saling bertempur, khususnya karena alasan teknologi, peralatan, atau kekuatan lainnya.

perdagangan bebas (ingg free trade) perdagangan antarnegara tanpa atau dengan hambatan perdagangan yang rendah.

perubahan iklim (ingg climate change) perubahan pada pola umum cuaca di Bumi dalam jangka waktu yang panjang.

perusahaan multinasional (ingg multinational corporation) firma atau entitas bisnis yang beroperasi di banyak negara, baik dalam konteks operasi, produksi, atau pemasaran produk dan jasanya.

Piagam PBB (1945) (ingg UN Charter) dokumen pendirian PBB.

primus inter pares istilah berbahasa Latin yang berarti ‘yang pertama di antara yang setara.’

ruang siber (ingg cyberspace) ruang yang tersedia dalam jaringan melalui internet.

senjata pemusnah massal (ingg weapon of mass destruction) jenis senjata yang dapat menciptakan kerusakan yang hebat dalam sekali penggunaan.

serangan siber (ingg cyber attack) bentuk serangan dengan menggunakan kode pemrograman yang jahat (seperti virus) yang merusak komputer, sistem, atau jaringan, khususnya bila diarahkan pada sistem yang bermanfaat atau digunakan oleh banyak orang.

terorisme (ingg terrorism) perbuatan pidana yang dilakukan dengan sengaja dengan maksud untuk menciptakan rasa takut di tengah masyarakat, umumnya melalui tindak kekerasan.

veto lihat hak veto.

Zona Euro (ingg Eurozone) sekelompok negara yang menggunakan euro sebagai mata uang nasional.