Syarat yang Harus Diperhatikan Saat Menyusun Kertas Posisi

Menyusun kertas kerja (position paper) adalah salah satu komponen utama dalam persiapan menuju sebuah konferensi Model United Nations (MUN). Dalam persiapan itu, tentu saja terdapat banyak hal yang harus diperhatikan—bahkan sebelum menulis kertas posisinya sendiri.

Setiap konferensi memiliki ketentuan masing-masing mengenai kertas posisi yang memenuhi syarat pengumpulan. Perhatikan bahwa memenuhi ketentuan-ketentuan ini sangat penting, karena syarat-syarat tersebut bisa menentukan apakah kertas posisi Anda akan dinilai dan mungkin memenangkan penghargaan atau tidak.

Ketentuan yang dimaksud mungkin mencakup sejumlah aspek, misalnya:

  • Jenis dan ukuran huruf: Panitia mungkin mewajibkan Anda untuk mengetik kertas posisi Anda (dengan komputer, bukan mesin tik) dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf tertentu. Beberapa tipe huruf ‘standar’ misalnya Times New Roman, Arial, atau Helvetica. Ukuran huruf standar biasanya berada di antara 11 hingga 12 poin.
  • Marjin kertas: Komite mungkin juga mewajibkan Anda untuk menggunakan marjin tertentu dari seluruh tepi sisi kertas. Misalnya, komite mungkin mewajibkan kertas posisi Anda untuk memiliki marjin satu inci (2,54 cm) dari setiap tepian. Pastikan Anda mengatur ukuran marjin tersebut dengan benar saat mengetik kertas posisi Anda.
  • Ukuran kertas: Terdapat sejumlah ukuran kertas standar yang penting untuk Anda ketahui dan amati. Ukuran kertas letter lumrah digunakan untuk konferensi yang berbasis di Amerika Serikat berukuran 21,59 cm x 27,90 cm. Ukuran kertas A4 adalah ukuran kertas berstandar internasional (ISO) yang lumrah digunakan hampir di seluruh dunia dengan ukuran 21,00 cm x 29,70 cm. Di samping dua ukuran kertas itu, terdapat ukuran kertas lain yang mungkin Anda temui seperti folio atau F4 (21,50 cm x 33,00 cm) dan legal (21,59 cm x 35,56 cm). 
  • Spasi antarbaris: Komite mungkin menetapkan jarak antarbaris, misalnya spasi tunggal, spasi ganda (dua spasi), atau spasi 1,5 untuk dokumen Anda.
  • Jumlah halaman: Ketentuan jumlah halaman sangat krusial. Kertas posisi adalah dokumen yang sangat ringkas, biasanya terdiri dari satu hingga empat halaman. Jumlah halaman ini sangat erat kaitannya dengan jenis dan ukuran kertas, marjin, dan spasi. Misalnya, bila dokumen ditulis dalam spasi tunggal, biasanya Anda akan diminta menulis kertas posisi dalam satu halaman per topik. Bila spasinya ganda, maka jumlah halamannya menjadi dua.[1]
  • Catatan sumber (citation): Beberapa konferensi mungkin mewajibkan Anda menulis sumber dan kepustakaan secara lengkap, baik dengan catatan kaki/catatan akhir yang didampingi dengan daftar pustaka. Perhatikan pula standar penulisan sumber yang digunakan konferensi Anda, misalnya menggunakan model Chicago, model Turabian, model APA, atau model-model lainnya.
  • Ketentuan pengumpulan: Terdapat beberapa kemungkinan bagaimana Anda harus mengumpulkan kertas posisi Anda, misalnya dengan mengirimkannya melalui surel ke alamat surel panitia yang telah ditetapkan, atau mengunggahnya melalui sistem atau portal, atau mengunggahnya melalui sebuah tempat data daring seperti Google Drive atau Dropbox.

Sebagai ilustrasi untuk menunjukkan bagaimana masing-masing konferensi punya ketentuannya masing-masing, mari kita lihat perbandingan ketentuan yang ditetapkan oleh tiga konferensi MUN besar di dunia. Anda dapat melihat bagaimana masing-masing konferensi memiliki standarnya masing-masing, dan penting bagi Anda untuk mengikutinya secara teliti. 

KetentuanNMUNWorldMUNLIMUN
Jumlah halamanMaksimal 2Maksimal 2-4Maksimal 1
SpasiGanda
Jenis hurufArial
Ukuran huruf10 poin12 poin
Marjin1 inci
Nama komiteYaYaYa
Nama negara/delegasiYaYaYa
Nama institusiTidakYaYa
Simbol negaraTidak
TopikYaYaYa
Catatan sumberTidak
Metode pengumpulanPDF
Perbandingan syarat kertas posisi dari beberapa konferensi MUN

[1] Saya selalu teringkat pada satu contoh yang pernah saya lihat pada salah satu konferensi yang saya pimpin: Panitia menetapkan syarat jumlah halaman maksimal dua halaman. Salah satu delegasi mengumpulkan kertas posisi setebal 24 halaman (!). Untuk memastikan penilaian yang adil, saya memutuskan untuk hanya memeriksa dua halaman pertama dari kertas posisi itu—di mana halaman pertamanya adalah halaman sampul, dan halaman keduanya mencantumkan profil negara. Jangan lakukan hal seperti ini saat Anda berpartisipasi di konferensi manapun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s